Cara Menjual Ebook

- Posted in Make Money by

Setelah kita membuat ebook, lalu membuat covernya, maka kita bisa menyimpannya, membagikannya, atau bahkan malah menjualnya. Ya, kita dapat menjual ebook kita itu. Kalau memang, ebbok kita itu dapat memberikan manfaat bagi orang lain, tentu itu layak untuk dijual. Bagaimana caranya ?

Ada beberapa cara yang dapat kita gunakan. Berikut cara menjual ebook.

Melalui Sosial Media

Artinya, kita sendiri yang melakukan promosi untuk menjual ebbok ini. Karena sifatnya yang bisa didownload, maka penjualan online lebih baik. Kita dapat menggunakan akun sosial media yang kita miliki untuk menjualnya. Kalau kita menggunakan facebook, maka kita bisa buat fans page baru khusus untuk pengenalan ebook, promosi dan halaman penjualan kita.

Melalui Blog

Blog saat ini bukan lagi menjadi barang baru bagi kita. Kalau kita belum memiliki, silahkan segera buat, karena ini akan memberikan banyak manfaat bagi kita. Blog dapat menjadi landing page promosi ebook yang sangat baik. Apalagi, kalau ebook yang kita jual itu, memiliki tema atau topik yang sama dengan topik bahasan blog kita. Itu 'alat perang' yang bagus sekali. Kita dapat membuat sebuah banner di sidebar blog kita dan memberikan link menuju halaman penjualan (sales letter) ebook kita. Tempatkan banner itu di posisi paling atas di sidebar. Ukuran 300x250px adalah ukuran yang ideal untuk banner ini.

Cara Menjual Ebook

Cara Menjual Ebook

Menitipkan di Web penjual dengan sistem Reseller atau Affiliasi

Jadi, kita menggunakan jasa pihak ketiga dalam hal ini. Contoh yang paling jelas adalah Amazon untuk global. Di Indonesia sendiri sudah ada penyedia jasa ini. Kita dapat menemukannya dengan mudah. Sistem yang digunakan tentu saja bagi hasil. Prosentasenya menurut kebijakan website bersangkutan, Namun biasanya, pemilik akan selalu mendapatkan prosentase yang lebih besar. Keuntungan dari sistem ini adalah, dapat mengurangi usaha berdarah-darah kita untuk promosi. Karena website yang bersangkutan biasanya memiliki affiliate yang dengan suka rela akan ikut mempromosikan ebook kita. Tentu dengan sedikit bagi hasil lagi.

Membuat Web affiliasi sendiri.

Dengan memiliki web affiliasi sendiri, tentu saja, kita sendiri yang bertanggung jawab sepenuhnya terhadap website dan segala sesuatunya. Kita dapat menentukan prosentase bagi hasil untuk para affiliate kita. Contoh website yang menggunakan sistem ini adalah Tips Hamil.com. Menggunakan web affiliasi sendiri akan memperingan tugas promosi produk ebok kita. Fasilitas affiliasi gratis membuat kita dapat membuka kesempatan bagi orang lain yang ingin mendapatkan uang, dengan ikut menjual produk ebook kita.

Kesimpulan

Menurut saya sendiri, cara menjual ebook yang paling efektif adalah dengan membuat web affiliasi sendiri, dikombinasikan dengan memiliki blog untuk branding, dan fans page sendiri.

Bagaimana menurut Anda ?


Comments