Cara Membuat MySQL Database, User, dan Menghubungkannya

- Posted in Blogging by

Kali ini, saya akan bagikan tentang cara membuat MySQL Database, User, dan menghubungkannya. MySQL Database atau selanjutnya kita sebut database, adalah elemen yang sangat penting bagi sebuah website. Dalam database kita menyimpan data-data penting dalam bentuk tabel, yang saling berhubungan satu sama lain, untuk dapat menjalankan fungsi website atau blog. Database diperlukan untuk blog atau website yang bekerja dengan PHP. Platform blogging yang menggunakan database diantaranya adalah Wordpress, Drupal, dan Joomla.

Keberadaan database selalu disertai dengan MySQL User atau selanjutnya kita sebut user. Ini adalah kita sebagai pengguna yang memiliki permisi atau ijin untuk mengakses dan menggunakannya.

Cara Membuat MySQL Database, User, dan Menghubungkannya

Dalam tutorial kali ini, kita akan membuat database menggunakan Zpanel admin. Caranya lebih simpel dari Cpanel. Keduanya adalah software untuk mengelola file hosting. Saya pernah menggunakan Cpanel. Tetapi saat ini beralih ke Zpanel, karena ini yang disediakan oleh hosting saya, dan Zpanel adalah sebuah open source.

cara membuat MySQL Database, User, dan menghubungkannya

  1. Login ke panel Anda
  2. Dari menu yang ada di atas, pilih Database, dan pada dropdown menu, pilih MySQL Database.
  3. Masukkan nama database yang Anda inginkan. Disarankan untuk menggunakan nama yang pendek dan unik.

cara membuat MySQL Database, User, dan menghubungkannya 4. Selanjutnya, klik Create

Sampai di sini, MySQL Database telah berhasil dibuat. Agar kita dapat menjalankannya, maka dibutuhkan user yang memiliki permisi untuk mengubah atau mengaksesnya.

Menghubungkan Database dengan User

  1. Untuk membuat User, kita kembali ke menu atas lagi. Masih di bagian Database, kita klik MySQL User.
  2. Scroll ke bawah. Pada kolom User name, isikan nama user. Disarankan untuk membuat nama user yang unik dan pendek.

menghubungkan database dengan user

Berbeda dengan Cpanel, di Zpanel, kita dapat langsung menghubungkan user dengan database-nya. Di Cpanel, kita harus membuatnya secara terpisah, baru menhubungkannya untuk mengatur Privillage-nya.

Pada menu dropdown Map Database, pilih MySQL Database yang telah kita buat tadi.

Pada Remote Access, kita bisa memilih, apakah database ini akan diakses melalu 1 IP saja, atau sembarang IP. Kalau untuk keperluan website atau blog yang dapat diakses publik, maka biarkan default, atau pilih Allow from any IP

Pada Zpanel, kita tidak perlu membuat password untuk MySQL User. Pada saat kita klik tombol Create, password user akan otomatis di-generate, dan itu unik. Jadi, langkah selanjutnya adalah klik tombol Create.

Anda akan dibawa ke halaman yang menunjukkan bahwa user dan password Anda telah selesai dibuat.

Sampai di sini, kita telah berhasil membuat database, dan menghubungkannya dengan user database.


Comments