Cara Setting Custom Domain Blogspot

- Posted in Tutorial by

Sebagai pengguna blogspot atau blogger.com, kita bisa mengubah alamat domain kita yang sebelumnya menggunakan subdomain blogspot, yaitu blogAnda.blogspot.co.id menjadi blogAnda.com atau blogAnda.net

Untuk bisam menggunakannya, tentu saja Anda harus membeli domain itu pada penyedia domain seperti Namecheap, Rumahweb, atau lainnya.

Baca : Promo Domain Murah Namecheap

Harga dari domain top level (Top Level Domain) ini bervariasi. Saat saya menulis artikel ini untuk domain dengan ekstensi com, ada pada kisaran Rp. 110 - 140.000,- untuk satu tahun. Cukup murah bukan ?

Setelah membeli domain, kita harus mengarahkan domain itu ke blog kita di blogspot.

Cara Setting Custom Domain Blogspot

1) Silahkan login ke blog Anda di blogspot. Klik menu Setting di sebelah kiri. Lihat pada bagian Publishing > Blog Address. Di situ ada tulisan Point your own registered URL to your blog. Klik link di sebelahnya.

2) Pada kolom yang terbuka, masukkan alamat domain yang sudah Anda beli tadi, lengkap dengan www.domainAnda.com (misal). Biarkan lainnya default, lalu klik Save.

3) Setelahnya akan ada pesan error seperti gambar di bawah ini.

enter image description here

Silahkan menuju ke panel domain yang Anda beli. Langsung cari pengelolaan domain, dan carilah DNS Mangement tool atau yang mirip dengan itu. Buatlah sebuah record baru yaitu CNAME record seperti yang diminta di blogspot. Ada 2 CNAME yang harus dibuat. Pertama buat CNAME dengan Name www dan Target ke ghs.google.com. Kedua buat CNAME dengan Name kode unik blog (yang saya tutupi itu) dan Targetnya

4) Masih di DNS Management, buatlah A record sebanyak 4 buat A Record. Gambar seperti di bawah ini (no. 9) : enter image description here Cara membuatnya : Klik add new record. Lalu pada pilihan record pilih A. Di bagian domain, kosongkan saja. TTL isi dengan 14400. IP atau Hostname isi dengan IP seperti pada gambar di atas. Buat satu per satu. Jadi nanti, Anda akan memiliki 4 buah A Records.

Sampai di sini, setting di panel domain selesai.

5) Kembali lagi ke blogspot, coba simpan lagi domain di Blog Address. Kalau benar, maka akan berhasil disimpan.

6) Berikutnya, klik edit di bawah alamat domain yang kita tambahkan. Lihat gambar di bawah ;

enter image description here

Centang seperti gambar di atas. Ini adalah untuk mengarahkan user yang mengetikkan alamat domain blog kita tanpa www di browser, akan diarahkan ke www secara otomatis. Jika ini tidak dicentang, maka apabila user mengunjungi blog Anda tanpa menuliskan www di depan domain kita, maka ia akan menjumpai error.

Domain akan terarah sempurna setelah masa propagasi selesai. Lama waktunya, tergantung masing-masing provider.

Sebenarnya, ada cara untuk mempercepat propagasinya. Tetapi akan saya bagikan di artikel lainnya. Demikian cara setting custom domain blogspot. Semoga bermanfaat


Comments