Cara Mempercepat Proses Propagasi

- Posted in Tutorial by

Kali ini, kita bahas tentang cara mempercepat proses propagasi domain. Yang disebut dengan propagasi adalah proses pengenalan IP baru domain ke seluruh DNS yang ada. Menurut bahasa saya ini. Jadi, setiap kali kita membeli domain, kita tidak bisa langsung membuka domain tersebut dan secara ajaib semua tersambung. Misalnya, kita mengarahkan domain baru kita ke blogger.com (blogspot). Maka, kita harus menyesuaikan IP Google dengan domain baru kita. Cara mengarahkannya sudah saya bahas di artikel sebelumnya.

Setelah semua setting benar, domain kita tidak secara langsung akan terarah. Ini membutuhkan waktu antara 24-72 jam, tergantung kecepatan update DNS Internet Service Provider (ISP). Registrar domain juga mempengaruhi kecepatan propagasi ini.

Mempercepat Proses Propagasi domain

Bagi yang sudah ingin sekali mengedit atau melihat domain, pasti mencoba untuk melakukan cara-cara mempercepatnya. Adakah caranya ? Ada. Dan saya sudah berkali-kali melakukannya. Biasanya masalah Propagasi Domain ini berasal dari ISP yang anda gunakan. Jika anda mengalami masalah Propagasi yang lama, Maka lakukan langkah-langkah berikut ini :

Langkah-langkah mempercepat propagasi domain

1) Refresh Browser dengan menekan tombol CTRL + F5 secara bersamaan. Bila belum terhubung, lakukan langkah selanjutnya.

2) Bersihkan Cache Browser.

3) Memutus koneksi Internet. Shutdown Komputer anda & mintalah bantuan teman anda (yang berada di luar daerah & memakai ISP yang sama anda) untuk segera mengakses domain anda. Jika bisa terhubung, Berarti “Komputer” anda yang bermasalah.

4) Minta juga bantuan teman anda (yang memakai ISP berlainan dengan anda) untuk segera mengakses domain anda ! Jika teman anda berhasil terhubung ke server baru anda, Berarti “ISP” anda yang bermasalah.

5) Coba akses Website lain yang IP addressnya sama (NS-nya sama) dengan Website Anda. Jika bisa tersambung berarti server hosting tidak bermasalah, Melainkan “Registrarnya (Server Domain)” yang bermasalah. Hubungi & Tanyakan pada Registrar Domain anda.

Memaksa ISP untuk update DNS

Bila langkah di atas dirasa terlalu lama, ada cara untuk 'memaksa' ISP untuk update DNS. Berikut caranya :

Kalau Anda menggunakan Windows 7, klik Start. Lalu di kolom Search program and files, isikan perintah berikut,

notepad C:\WINDOWS\system32\drivers\etc\hosts

tekan Enter.

Maka akan terbuka file hosts dalam notepad. Scroll ke bawah sampai Anda menemukan seperti ini. Dalam kasus ini, saya mengarahkan domain saya yaitu fanirifanto.xyz ke hosting baru dengan IP address yang tertera.

# localhost name resolution is handled within DNS itself.
#   127.0.0.1       localhost
#   ::1             localhost

149.202.5.236 fanirifanto.xyz
149.202.5.236 www.fanirifanto.xyz

Jadi, masukkan IP hosting diikuti dengan alamat domain kita dalam format www dan non www. Kalau Anda mengarahkan domain ke blogspot, masukkan 4 alamat IP Google diikuti alamat domain Anda baik www dan non www nya. Misal seperti ini :

216.239.32.21 fanirifanto.xyz
216.239.32.21 www.fanirifanto.xyz
216.239.34.21 fanirifanto.xyz
216.239.34.21 www.fanirifanto.xyz
216.239.36.21 fanirifanto.xyz
216.239.36.21 www.fanirifanto.xyz
216.239.38.21 fanirifanto.xyz
216.239.38.21 www.fanirifanto.xyz

Setelah itu, simpan file hosts tadi. Kalau Anda menggunakan Avira, non aktifkan proteksinya, karena Avira akan mem-block usaha Anda untuk menyimpan file hosts. Untuk pengguna Avast tidak dinonaktifkan tidak apa-apa.

Setelah tersimpan. Kembali klik Start. Lalu ketikkan perintah cmd dan tekan Enter untuk membuka administrator.

Cara Mempercepat Proses Propagasi Domain
Kemudian, ketikkan perintah berikut :

ipconfig /flushdns

lalu Enter. Setelah ada notif bahwa flush sukses, Anda bisa keluar dari Administrator dengan mengetikkan perintah exit.

Kalau sudah, silahkan akses kembali domainnya. Seharusnya sudah terhubung.

Sebenarnya, untuk domain baru, maka proses propagasinya biasanya cepat. Cara di atas akan berguna kalau Anda menggunakan domain lama, dan sudah berpindah-pindah hosting. Semoga bermanfaat. (dari berbagai sumber)


Comments