Cara Mengatasi XAMPP Not Start

- Posted in Tutorial by

Bagi Anda yang senang membuat theme Wordpress, atau paham dengan script PHP tentu tidak asing dengan XAMPP Server. Ya, ini adalah aplikasi untuk membuat Apache server offline yang dikembangkan oleh Apache Friends. Software ini bisa digunakan untuk menginstall Wordpress, Joomla, atau Drupal secara offline. Bisa juga untuk mencoba CMS keren HTMLy ... :)

Sebelumnya, saat install software ini di Windows XP, saya tidak menemukan masalah dan semua bisa berjalan dengan normal. Namun, ketika baru-baru ini saya mencoba menginstall-nya di Windows 7, maka saya Apache tidak mau berjalan karena error di port 80, yang mengatakan bahwa port ini sudah digunakan. Kira-kira gambarnya seperti di bawah ini :

Cara Mengatasi XAMPP Not Start

Setiap saya menjalankan 2 modul yaitu Apache dan MySQL, maka Apache tidak bisa dijalankan karena error itu, sementara MySQL(Database) bisa dijalankan. Karena memang sedang membutuhkannya, maka saya mencoba mencari solusi untuk masalah ini. Dan saya menemukan jawabannya. Kali ini akan saya bagikan di sini, mungkin, ada di antara Anda yang mengalaminya juga.

Error ini ternyata disebabkan karena port 80 yang menjadi port default dari Apache, ternyata telah digunakan oleh aplikasi lainnya. Di Windows 7 biasanya Skype yang menggunakannya.

Solusi 1 : Menghentikan program yang Conflict

Kita bisa menonaktifkan Skype. Dan XAMPP pasti bisa dijalankan. Tapi, bila Anda ingin tetap menggunakan Skype, maka harus ada yang dirubah dari konfigurasi Apache sendiri.

Solusi 2 : Mengubah port 80 dan 443 dari XAMPP

Berikut langkah-langkahnya :

Pertama, kita buka file “httpd.conf” dan mengubah konfigurasinya ke use/listen port baru. mengubah konfigurasi httpd.conf

Untuk membuka file httpd.conf, klik “Config” pada bagian modul Apache. Akan muncul popup menu seperti gambar di atas. Klik httpd.conf, maka akan terbuka notepad yang berisi file itu.

Pada file yang terbuka itu cari kata “listen”. Kita akan menemukan 2 baris seperti di bawah ini :

#Listen 12.34.56.78:80
Listen 80

Silahkan ganti nomor port dengan lainnya misalnya 99. Maka akan menjadi seperti di bawah ini :

#Listen 12.34.56.78:99
Listen 99

Selanjutnya di file yang sama cari ServerName localhost: dan ubah sesuai dengan port yang tadi dibuat.

ServerName localhost:99

Simpan dan tutup file ini.

Langkah berikutnya, klik tombol Config di Apache lagi, dan kali ini buka “httpd-ssl.conf”.

Pada file yang sudah terbuka, cari Listen lagi. Maka Anda akan menemukan :

Listen 443

Ganti itu dengan listen ke port baru yang bisa Anda pilih sendiri misalnya menjadi 3443 . Maka menjadi :

Listen 3443

Selanjutnya, masih di file yang sana cari <VirtualHost _default_:443>. Ganti nomor 443, sesuai nomor baru kita di atas. yaitu menjadi 3443

Lalu masih di file yang sama, temukan juga “ServerName”. Tulisannya mirip seperti di bawah ini :

ServerName www.example.com:443 or  ServerName localhost:433

Ganti juga dengan nomor baru port yang kita buat tadi. Lalu simpan dan tutup file ini.

Terakhir, ada satu lagi file yang harus diubah port nya. Klik dan buka “Config” pada XAMPP Control Panel. Lalu klik “Service and Port Settings”. Setelah terbuka klik tab “Apache”, dan masukkan port yang tadi kita buat. Pada “main port”, isi dengan port baru tadi yaitu 99 dan pada kotak “SSL port”, ganti dengan port kedua yang kita ganti, yaitu 3443. Lalu klik Save.

Sampai di sini, kita sudah berhasil menggantinya. Saat kita klik Start, maka akan terbuka port yang baru kita buat tadi.

XAMPP berhasil jalan

Karena port sudah berubah, maka saat mengakses localhost, maka kita harus menambahkan port baru kita di belakangnya. Pada contoh di atas, maka URL Apache server untuk localhost menjadi localhost:99

Demikian, cara mengatasi XAMPP Not Start. Semoga bermanfaat. (berbagai sumber)


Comments