Tips dan Cara Memilih Nama Blog

- Posted in Blogging by

Bagi sebuah blog, nama blog yang benar akan memiliki pengaruh yang cukup signifikan bagi ranking sebuah blog di mesin pencari. Maksud dari kata ‘benar’ di sini adalah, bahwa nama blog itu sesuai dengan apa yang menjadi materi atau konten utama sebuah blog. Oleh karena itulah, dibutuhkan tips dan cara memilih nama blog yang bagus, agar bisa memberi nama sebuah blog dengan baik.
Menurut saya, terdapat 3 aturan dasar bagaimana memilih nama blog yang baik. Di antaranya adalah : 
1. Nama blog harus menggambarkan blog Anda.

Besar kemungkinannya bahwa banyak orang akan melihat terlebih dahulu link (ingat, link ini berisi nama blog), sebelum memutuskan untuk mengunjungi dan membacanya. Contoh kasusnya, bila orang ini mencari melalui mesin pencari (search engine) seperti Google misalnya. Nah, blog Anda akan memiliki kesempatan lebih besar untuk dikunjungi, apabila hanya dengan melihat nama blog Anda saja, mereka telah menemukan apa yang mereka cari. Betul atau tidak ?

2. Nama blog harus mudah diingat

Apabila materi atau konten blog Anda misalnya bicara tentang fashion, gaya hidup, entertainment, dan gosip maka carilah nama paling sederhana dari ketiga tema ini. Anda bisa menggunakan akronim atau satu tema saja. Namun tetap ingat bahwa nama itu harus mudah untuk diucapkan dan diingat
3. Usahakan nama blog sama dengan nama domain

Hal yang satu ini sering diabaikan oleh kebanyakan orang. Bisa jadi karena untuk menemukan domain yang cocok yang belum terdaftar adalah pekerjaan yang sulit. Namun, apabila nama domain Anda tidak cocok dengan nama blog, sangat mungkin Anda akan kehilangan pembaca yang potensial darinya. Dalam istilah blogging, ini disebut dengan keyword (kata kunci). Menempatkan kata kunci di dalam nama blog, akan memberi pengaruh besar bagi rangking blog. Ketika orang memutuskan untuk mengunjungi blog Anda melalui link yang mereka temukan di mesin pencari, biasanya mereka hanya akan membaca nama blog. Bila tidak sesuai, tentu tidak akan dikunjungi. Apakah kemudian mereka akan berkunjung kembali ke blog Anda, itu tergantung dari nama blog. Walaupun sempat muncul berita bahwa Google tidak menyukai exact match domain, namun aturan ini sebaiknya tetap Anda perhatikan. Lihat poin pertama.

Comments