Derita Efek Panda

- Posted in Blogging by

Kembalinya saya membahas topik blogging, ditandai dengan update-nya algoritma Google yaitu Google Panda. Banyak blogger yang merasakan dampak dari algoritma ini. Baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Dimana ditandai dengan traffic blog yang menurun atau bahkan nol, sampai hilangnya artikel dari mesin pencari Google. Saya sendiri merasakan efeknya. Sampai saat saya tulis artikel ini, saya banyak kehilangan traffic untuk salah satu blog saya. Anda tahu sendiri, apa yang akan terjadi kalau traffic menurun. Ya, berkurangnya atau hilangnya traffic, selalu diikuti dengan income yang menurun, karena monetisasi blog saya itu menggunakan Google Adsense.

Sebelum mengetahui bahwa penurunan ini akibat efek dari update algoritma ini, saya sudah bolak-balik ke webmaster tool (WMT), untuk mengecek apakah ada error di blog saya itu. Saya lihat di sana semua baik-baik saja. Tetapi tetap saja, saya utak-atik juga. Sampai sekarang, setelah update selesai efek yang saya rasakan justru menjadi bertambah, karena saya mengutak-atik WMT. Dan ini adalah alamat bahwa PO saya berikutnya akan mundur …  :(

Kalau sampai dengan dua paragraf ini Anda tidak tahu akan apa yang saya bicarakan, cukup dibaca saja …, nanti Anda pasti akan tahu juga ..

Google Panda adalah algoritma yang berfokus pada kualitas konten atau isi sebuah blog atau website. Algoritma ini akan meng-audit konten yang diindikasi bukan merupakan konten original atau copy paste, atau konten SPAM, untuk digolongkan ke dalam konten yang tidak memiliki nilai/value. Biasa disebut tidak berkualitas. Konten ini akan disingkirkan dalam hasil pencarian Google. Jadi, kalau Anda memiliki konten yang mengandung indikasi tersebut, silahkan edit, atau buang saja. Karena konten ini akan dianggap tidak berguna. Tetapi, kalau tulisan yang ada di weblog Anda adalah tulisan Anda sendiri, tidak usah khawatir. Setelah efek update algoritma ini selesai, maka kondisi blog Anda akan kembali normal.

Google memang tengah serius sekali untuk menampilkan hasil pencarian yang relevan dan memiliki nilai atau manfaat. Kita juga harus maklum, seandainya kita sendiri yang menggunakan mesin pencari untuk mencari sesuatu, lalu kemudian kita menemukan konten yang tidak berkualitas ini, kita juga akan kecewa bukan ? Google ingin menampilkan hasil pencarian yang bisa menjawab kebutuhan penggunanya.

Kesimpulan :

Apabila Anda ingin blog Anda terus mengalami hasil terbaik, usahakan untuk selalu menulis konten berkualitas. Berdamailah dengan Panda. Buatlah konten yang memiliki nilai dan bisa memberikan manfaat bagi pembaca. Kalau Anda melakukan hal ini, tanpa melakukan optimasi serius-pun, blog Anda akan tetap memiliki nilai di mata Google. Dan ini akan membuat blog Anda memiliki rank yang bagus, di SERP (Search Engine Result Page). Trust me … 


Comments