Mengenal Sergei Mavrodi dan Arisan MMM

- Posted in Bisnis by

Mengenal Sergei Mavrodi dan Arisan MMM – Secara pribadi, saya mengenal MMM sudah sejak 1 tahun yang lalu. Saya ingat sekali, waktu itu juga setelah Lebaran, ada orang yang mengajak saya untuk bergabung dengan bisnis ini. Setelah membaca dan melihat sistem bisnis yang digunakan, saya bisa mengambil kesimpulan, bahwa MMM adalah bisnis dengan sistem piramida. Di negeri ini, dikenal dengan istilah arisan berantai.

Waktu itu, saya memang tertarik untuk bergabung. Namun saya kemudian ragu untuk men-transfer uang, setelah kembali mencari informasi mengenai MMM ini, dan akhirnya mempertemukan saya dengan sosok Sergei Mavrodi, penggagas dan penemu sistem bisnis ini. Setelah menimbang-nimbang, akhirnya saya putuskan untuk quit saja. Jadi, saya join, tapi tidak pernah transfer sampai sekarang. 

Apa itu MMM ?

Dalam istilah bahasa Indonesia, MMM ini oleh para member yang banyak membuat grup di Facebook, disebut Manusia Membantu Manusia. Ada juga yang menyebutkan Manusia Memanusiakan Manusia. Kepanjangan sebenarnya dari MMM adalah Mavrodi Mondial Moneybook

Sergei Mavrodi adalah salah satu nama yang paling terkenal dalam sejarah Rusia. Pada tahun 2007 Sergei Mavrodi dinyatakan bersalah di pengadilan Rusia, karena menipu 10.000 investor dengan nominal lebih dari 110 juta rubel atau setara dengan $4,3 juta.

Pada tahun 1988, ia mendirikan MMM. Kemudian ia terpilih menjadi wakil di State Duma, sehingga ia kemudian mendapatkan kekebalan hukum, sebagai anggota parlemen.  Mavrodi menyatakan bahwa MMM bangkrut pada 22 Desember 1997. Ia kemudian menghilang, dan dalam pelarian sampai kemudian tertangkap pada tahun 2003.

Di tahun 1998, Sergei Mavrodi kemudian menciptakan Stock Generation, yang akan menjadi cikal bakal MMM. SG merupakan bisnis dengan skema piramida klasik yang diperkenalkan sebagai “virtual stock market game” atau permainan pasar saham virtual. Website SG berjalan dari tahun 1998 sampai dengan awal tahun 2000. SG inipun akhirnya dihentikan oleh pihak yang berwajib, karena mereka tidak dapat menemukan siapa pendiri dan di mana kantor ini berada.

Bulan Januari tahun 2011, Mavrodi kemudian mendirikan skema piramida lain lagi yang kali ini diberi nama MMM-2011. Skema baru ini meminta investor untuk membeli Mavro, yang dideskripsikan sebagai unit ‘mata uang’ mereka dalam bertransaksi.

Dia terus terang menggambarkannya sebagai piramida, menambahkan “Ini adalah skema telanjang, tidak lebih … Orang berinteraksi satu sama lain dan saling memberi uang lainnya. Tanpa alasan!” . Mavrodi mengatakan bahwa tujuannya dengan MMM-2011 adalah untuk menghancurkan sistem keuangan saat ini yang dianggapnya tidak adil. MMM-2011 mampu berfungsi secara terbuka sebagai skema ponzi dan piramida keuangan tidak ilegal menurut hukum Rusia. Pada Mei 2012 ia membekukan operasi MMM-2011 dan mengumumkan tidak akan ada lagi pembayaran. 

Pada tahun 2011 ia meluncurkan skema yang sama di India, yang disebut MMM India. Sekali lagi ia menyatakan dengan jelas bahwa ‘kendaraan’ nya adalah piramida. Ia dilaporkan akan mencoba untuk memperluas operasinya ke Eropa Barat, Kanada, dan Amerika Latin. Bahkan kini terbukti sudah sampai ke Asia.

Sekali lagi, di artikel di atas sudah disebut bahwa Mavrodi sendiri telah menyebut sistem yang dibuatnya sebagai skema ponzi dan piramida. Saya pribadi mengenal skema ponzi dan piramida di awal saya mengenal bisnis online, yaitu sekitar tahun 2008. Saat itu saya memang terjun dalam bisnis yang disebut dengan HYIP (High Yield Investmen Program), yang tentu sering bersentuhan dengan bisnis yang menggunakan sistem piramida ini. Sejauh pengalaman saya, sistem ini menguntungkan bagi orang yang pertama kali ‘tahu’, kemudia bergabung, dan berhasil mengajak kawan-kawan lainnya untuk bergabung (Ingatlah dengan bentuk piramida).

Mengingat tidak adanya produk yang diperjualbelikan dalam sistem MMM ini, saya khawatir akan ada pergeseran motivasi dari member/investornya. Maksud saya begini. Mungkin di awal, dia bergabung karena tertarik dengan istilah ‘membantu manusia’. Islam memang menjanjikan bahwa orang yang membantu sesamanya, pasti akan diberkati dengan bantuan juga. Kalau motivasinya seperti ini, tentu itu baik. Tapi saya meragukan, apakah motivasi member/investor seperti itu. Apabila kemudian hanya ‘uang’ saja yang dicari, saya kira, ini benar-benar akan mengulang arisan berantai yang telah lalu, walaupun pesertanya tidak merasakan itu sebagai arisan berantai. 

Saya membuat artikel ini sebagai bahan pertimbangan Anda sebelum bergabung dengan MMM. Semoga bisa menambah wawasan Anda tentang bisnis yang sedang booming ini. Anda ingin ikut atau tidak, semua saya kembalikan kepada Anda. (disarikan dari berbagai sumber dan Wikipedia) 


Comments