5 Cara Mudah Tetap Konsisten Menulis di Blog

- Posted in Blogging by

5 Cara Mudah Tetap Konsisten Menulis di Blog – Lebih dari 4 hari lamanya saya tidak meng-update blog ini. Kesibukan offline dan lainnya benar-benar menyita waktu saya. Parahnya, yang terjadi setelah saya berkeinginan untuk menulis, saya hanya berhenti pada halaman kosong. Tidak tahu harus menulis apa. Sebenarnya saya ingin konsisten dalam menulis artikel di blog ini. Namun ternyata, konsisten itu memang sulit dan sulit, apabila kita tidak segera menulis. Padahal sebagai seorang blogger, menulis adalah makanan sehari-hari, yang wajib di’asup’. Seperti halnya tubuh kita, yang akan menjadi lemas bila kita tidak mengonsumsi makanan, maka blog kita juga akan menjadi ‘lemas’ juga, bila tidak diperbaharui. Tidak ada yang ‘dimakan’.

Bicara masalah konsistensi, ada beberapa hal yang bisa saya tuliskan berdasarkan pengalaman saya ini. Bahwa kunci utama untuk mengatasi ‘blank’ dalam menulis adalah segera menulis. Itu saja. Tidak percaya ? Tulisan ini buktinya. Kalau saya rangkum, maka lakukan hal berikut, kalau Anda merasa ‘blank’, tidak tahu harus menulis apa.

5 Cara Mudah Tetap Konsisten Menulis di Blog

1. Menulislah. Ya, menulislah. Saya bisa membuat artikel ini, setelah sempat ‘blank’ selama 4 hari, juga karena saya mulai menuliskan saja apa yang ada di kepala saya. Tulisan yang sekenanya saja pada awalnya.

2. Jangan edit sebelum selesai tulisan kita. 4 hari kemarin, setiap kali membuka notepad (saya biasa menulis di notepad), saya tidak tahu harus menulis apa. Hanya setelah saya menulis (tepatnya mengetik, he..he..), ide-ide tulisan berikutnya seperti mengalir begitu saja.

3. Teruslah menulis sampai kita tidak tahu lagi akan menulis apa.
4. Ketika fase ‘tidak tahu harus menulis apa’ tercapai, berhentilah. Lihat kembali tulisan kita. Pasti Anda akan terkejut melihat sebenarnya ada banyak yang bisa kita tulis. Iya tidak ?
5. Tahap akhir adalah mengedit tulisan. Di sini, kita bisa mulai melihat kembali tulisan kita. Benahi ejaan yang salah. Tambahkan anchor link yang bisa membuat pembaca melihat ‘sesuatu’ yang lain di blog kita. Tambahkan gambar pendukung tulisan kita. Berikan tambahan informasi dan sumber referensi lain.

Akhirnya .. jadilah tulisan saya ini. Kesimpulan saya adalah obat mujarab ketika kita tidak tahu harus menulis apa adalah SEGERALAH MENULIS. Trust Me ! It works .. 
Semoga bermanfaat …


Comments