Cara Memulai Bisnis Online

- Posted in Bisnis by

Cara Memulai Bisnis Online – Dari sekian banyak artikel yang sudah saya tulis, hanya beberapa yang membahas bisnis online, itupun berdasarkan pada bisnis online yang saya ikuti dan ada yang pernah saya ikuti. Kali ini, saya ingin membahas tentang bagaimanacara memulai bisnis online. Artikel ini untuk menjawab pertanyaan adik saya sendiri, yang ingin tahu, bagaimana sih bisnis online itu … karena dia ingin memperoleh penghasilan tambahan di samping pekerjaan tetapnya sebagai guru bantu. Dia bertanya, “Bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari internet ?”

Untuk pertanyaan ini, saya jawab, “Ya harus punya bisnis online …”
Lalu, bagaimana cara agar bisa memulai bisnis online ?

Ada 3 konsep dasar dari bisnis online.

  1. Memiliki Produk
  2. Memiliki Website
  3. Mendatangkan Traffic

Kalau ketiga hal ini sudah kita miliki, berarti kita sudah siap melakukan bisnis.

1. Memiliki Produk

Hal pertama yang harus kita miliki sebelum memulai adalah memiliki produk. “Apa yang ingin kita jual ?”
Di era informasi ini, ada begitu banyak pilihan produk yang bisa kita jual. Baik itu produk fisik (ada barangnya) atau produk digital (bisa diunduh/download). Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri. Jadi, langkah pertama adalah : tentukan produk Anda. Karena ini berkaitan dengan niche (ceruk pasar) yang akan kita garap.

2. Memiliki website

Untuk bisa menjual secara online, maka hal kedua yang harus kita punya adalah website. Website ini merupakan toko bagi kita. Di sinilah produk yang akan kita jual kita tawarkan.

Di sini kita akan lebih banyak berkutat dengan hal-hal yang sifatnya teknis, seperti belajar menginstal aplikasi website, dan mungkin sedikit belajar bahasa pemrograman web.

Untuk membuat website, kita akan membutuhkan nama domain dan hosting. Dan ini tidak gratis. Ada biaya sewa yang harus kita keluarkan.

Apa itu domain ? Dan apa itu hosting?

Domain adalah nama website Anda, contoh : www.namadomainanda.com.
Ibarat rumah, nama domain adalah alamat rumah Anda. Jadi usahakan ketika Anda memutuskan untuk membuat nama domain, sesuaikan dengan nama Anda, atau topik website Anda, ataupun jenis usaha Anda.

Hosting adalah tempat untuk menaruh nama domain Anda.
Jika menggunakan analogi rumah di atas, hosting itu ibarat tanah. Semakin besar kapasitas hosting, maka akan semakin luas pula ukuran tanah rumah Anda.

Untuk tahap permulaan, kita mungkin tidak memerlukan space hosting yang terlalu besar.

Namun ingat, domain hanya berlaku untuk setahun, jadi tahun berikutnya jika kita masih ingin menggunakannya, kita harus melakukan perpanjangan.

Kabar baiknya … Kita masih bisa membuat website secara gratis. Untuk itu, kita bisa mulai membuat website dengan blog gratisan.

“Lho, kok blog ? Saya ingin membuat website ?!!”

Mungkin ini pertanyaan Anda. Blog sebenarnya juga website. Berbeda dengan website yang bersifat statis/tetap, blog memiliki sifat dinamis. Dan ini malah lebih menguntungkan. Saat ini, mesin pencari seperti Google dan Bing, menyukai blog sebagai hasil referensi pencarian mereka. Kenapa ? karena blog menyajikan info yang terbaru (update). Dan sepertinya, era keemasan web statis sudah berakhir. Karena saat ini, hampir semua website memiliki blog.

Untuk membuatnya, kita bisa manfaatkan blog gratisan dari Blogspot ataupun WordPress. Kalau saya pribadi lebih menyukai blogspot. Karena blogspot/blogger adalah milik Google. Jadi, tentu saja akan menjadi prioritas dari Google untuk menampilkan blogspot di hasil pencarian. Masuk akal tidak ?

3. Mendatangkan Traffic/Kunjungan 

Apa itu traffic ?
Traffic dalam arti umum bisa diartikan sebagai lalu lintas. Dan memang demikian. Kita harus mampu mendatangkan lalu lintas ke website kita. Tanpa adanya traffic, website secanggih dan sekeren apapun, tidak akan memberikan hasil bagi kita. Lalu, bagaimana untuk mendatangkan pengunjung/traffic ke website ?
Mulailah untuk mengisi website kita dengan artikel-artikel yang berhubungan dengan topik/produk yang akan kita jual. Usahakan untuk meng-update website kita minimal 3 hari sekali. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan social media. Kita bisa mulai memberitahukan kawan. kerabat, atau siapapun melalui akun social media yang kita miliki. Share atau bagikan artikel kita ke social media ini. Ada banyak cara untuk mendatangkan traffic, dan saya kira kalau dibahas di sini, artikel ini akan menjadi sangat panjang dan membosankan. Betul tidak ? 
Usahakan agar website kita bisa memberikan value kepada orang lain. Bukankah tujuan kita berbisnis adalah melayani lebih banyak orang, dan lebih bermanfaat bagi sesama ?

Itulah sedikit ulasan tentang bagaimana cara memulai bisnis online. Semoga bermanfaat …


Comments