Cara Mudah Menerbitkan Buku Anda Sendiri

- Posted in Blogging by

Bisa menerbitkan buku sendiri memang menjadi hal yang sangat diharapkan. Terutama apabila Anda memang mempunyai cita-cita untuk menjadi penulis buku. Namun, ketika karya sudah selesai kita buat, kendala yang justru kadang membuat kita menyerah adalah, sulitnya untuk menerbitkan buku kita. Prosesnya bisa memakan waktu yang sangat lama. Apa lagi bila karya yang kita tulis, di ajukan ke penerbit besar. Parahnya lagi, kadang, sudah kita menunggu prosesnya lama, eh .. giliran sudah ke tangan penerbit, malah ditolak ..

Ini yang kadang, membuat banyak orang merasa enggan. Kemudian berhenti untuk berkarya.

Tahukah Anda, bahwa saat ini ada begitu banyak cara untuk menerbitkan buku kita sendiri ?

Berikut beberapa cara menerbitkan buku sendiri yang mungkin bisa Anda pertimbangkan :

1. Melalui Blog/Weblog. 

Di sini, kita murni mengandalkan diri dan kemampuan kita. Buatlah sebuah blog/weblog personal Anda, atau kalau Anda kesulitan membuatnya, Anda bisa serahkan ke pembuat weblog. Mulailah untuk mengisi blog Anda dengan tulisan Anda. Bisa tentang apa saja. Akan lebih baik, kalau materi blog sesuai dengan karya2 buku yang nantinya akan Anda jual. Di sini Anda bisa menawarkan buku Anda, bisa melalui Print on Demand, artinya, Anda akan mencetak buku Anda ketika ada pesanan. atau Anda juga bisa membuatnya menjadi sebuah e-book. Dengan MS Office 10 saat ini, sangat mudah untuk membuat e-book.

2. Menggunakan jasa Self Publishing Online

Kita memanfaatkan jasa penerbitan buku online. Saat ini sudah ada banyak penyedia jasa ini. Baik yang free maupun berbentuk kerja sama. Anda bisa Googlin‘ dengan kata kunci “self publishing” atau “menerbitkan buku sendiri”. (tanpa tanda kutip)
Rekomendasi saya, Anda bisa manfaatkan :
  • Nulis Buku
Anda bisa cari yang lain lagi. Ada banyak yang lainnya. Setelah buku terbit, kita bisa melakukan promosi baik online maupun off line. Sekali lagi, untuk promosi online, weblog tetap menjadi sarana yang baik sekali. Jadi, tetap buatlah sebuah blog/weblog personal Anda.
3. Menggunakan Sistem Affiliasi/Reseller
Di sini, kita menggunakan website dengan sistem affiliasi. Format buku yang dijual dalam bentuk e-book. Sehingga, banyak biaya yang bisa ditekan. Kelebihan dari sistem ini, para pembeli buku kita, sekaligus bisa menjadi affiliate kita. Artinya, mereka juga bisa mendapatkan komisi bila mereka merekomendasikan buku yang kita buat itu ke teman-teman mereka. Kita bisa mengatur juga besar komisi yang akan diberikan.
Kelebihan sistem ini, kita bisa membuat otomatisasi bisnis. Jadi, kita akan mempunyai lebih banyak waktu luang untuk hal lainnya.
Produk buku kita, nantinya akan berada di member area. Jadi hanya pembeli yang telah kita aktifkan saja yang bisa memiliki buku kita. Karena format buku e-book, jadi bisa di download. Dan ini, akan menghemat banyak hal..

Kalau Anda tertarik untuk membuat atau menjual buku Anda dengan sistem reseller atau affiliasi, saya bisa bantu Anda. Silahkan hubungi saya melalui kontak yang ada. Email, Contact form, Facebook, atau chat via YM dg saya.

Semoga manfaat ..


Comments