Fenomena SEO Competition

- Posted in Blogging by

SEO Competition – Membaca judul di atas, saya yakin sekali, Anda juga mengetahuinya. Saat ini, ada banyak sekali kompetisi SEO yang dilakukan oleh vendor-vendor besar. Dengan memberikan hadiah yang lumayan sampai ada yang memberi hadiah wah ..
Sebelum membahas lebih lanjut, saya ingin sedikit memberikan definisi mengenai SEO nya sendiri.
Apa itu SEO ? Buat para mastah, mohon untuk diam dulu, ini khusus untuk pemula ! (He..he..)
SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization, yang dalam bahasa kita diartikan menjadi optimasi mesin pencari. Definisinya kurang lebih, SEO merupakan teknik atau proses untuk meningkatkan performa sebuah situs agar mempunyai peringkat yang tinggi pada halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP = Search Engine Results Page ), sehingga akan memaksimalkan traffic ke situs tersebut, baik itu website statis maupun blog. Kok bisa ?
Karena jika peringkat web di SERP semakin tinggi, apalagi bisa menghuni 10 besar halaman pertama, maka pasti traffic ke blog atau web akan meningkat. Sebuah survey menunjukkan bahwa, pengguna internet, rata-rata hanya melihat 10 situs teratas hasil pencarian dan kadang, halaman 2 SERP. 
Sampai di sini, Anda mungkin sudah mulai paham, kenapa ada kompetisi SEO.
Paham kan ? Masih bingung juga ? .. Oke .. mari lanjut.
Dengan tampil di SERP hal 1, sangat besar kemungkinan, pengguna akan mengunjungi situs. Kenapa ? Karena itu yang mereka cari kan ?
Nah, hal inilah yang memicu banyak vendor besar mengadakan kompetisi SEO. Karena dengan mengadakan kompetisi ini, mereke berharap mendapatkan keuntungan ganda, yaitu SEO Onpage dan SEO Offpage (linkwheel=efek backlink unik), untuk website mereka sendiri. Sehingga, kemungkinan website mereka muncul di SERP 1 dan 2 menjadi sangat besar, karena keyword yang dicari banyak yang merekomendasikan. Mengenai hal ini, Insya Allah saya akan bahas nanti di posting yang lain.

SEO Onpage karena banyak blog yang menggunakan keyword dan anchor text, yang menulis keyword itu, dan SEO Offpage karena banyaknya link yang terbentuk dari banyak blog (linkwheel).

Saya terpicu menulis artikel ini, karena beberapa saat yang lalu mengunjungi sebuah blog yang isinya membuat saya mual .. Kenapa ? blog ini berisi artikel-artikel yang merupakan artikel Lomba SEO. Parahnya lagi, setelah saya cek, pemilik blog inipun, hanya mempunyai 1 blog saja. Saat mengecek di blogger profile, saya berharap menemukan 2 atau 3 blog miliknya, tapi ternyata .. hanya 1. Mudah-mudahan saja aman ….

Saya tidak melarang atau anti SEO Competition. Saya pernah mengikutinya sekali. Hanya, jangan sampai karena hanya untuk mengejar hadiah, lalu blog kita hanya berisi artikel lomba itu. Lalu kapan kita menulis sesuatu yang berguna untuk pembaca kita ? Saya malah agak takut sekarang untuk mengikuti kontes ini. Kenapa ? Karena algoritma Google yang terus update.

Google Panda telah update dan Penguin kemudian dirilis. Dua algoritma ini adalah algoritma cerdas yang menilai sebuah blog/web dari artikel yang diposting. 2 ‘binatang kesayangan’ “Simbah” ini akan dengan tegas menilai apakah suatu konten itu copypaste, spam, menggunakan keyword berlebihan, kesesuaian dengan isi, dll. Bila ada salah satu yang terkena deteksi itu, maka siap-siap saja terlempar kena tendang Panda.

Nah, korelasinya dengan SEO Competition, menurut saya sekali lagi menurut saya, bisa saja saya salah, adalah di fresh atau tidaknya sebuah konten, kemudian copy paste, dan keyword yang berlebihan. Jadi bila Anda mengikuti sebuah kompetisi SEO, bijaklah dalam mengikutinya. Hati-hatilah. Atau, Anda bisa gunakan blog dummy untuk mengikuti kontes ini. Jangan sampai blog utama/pribadi kita kena tendangan Panda dan tidak muncul di SERP, karena terindikasi memuat artikel ‘sampah’.

Sekali lagi, ini hanyalah pandangan saya. Bisa saja saya salah, karena algoritma Google bukan sebuah ilmu pasti.

Bagaimana menurut Anda ?



Comments